Cara Cepat Hamil

Thursday, January 26, 2012

Robot Becak Menangi Kompetisi Internasional

Robot Becak Buatan Anak Indonesia Menangi Kompetisi Internasional - Merupakan satu kabar gembira bagi kita semua. Karena selama ini kita selalu menjadi urutan buncit dalam hal kemajuan tekhnologi, bangsa kita yang selama ini selalu hanya menjadi penjiplak.
Robot berbentuk becak mini berhasil menjadi juara pertama dengan kategori Energy Saving Robot, yaitu robot ramah lingkungan dengan menggunakan tenaga surya.
Foto: R. Teja Wulan

Robot becak mini ini diharapkan nantinya bisa mengurangi beban tukang becak, cukup dengan menginjak pedal gas dengan memanfaatkan tenaga matahari yang super ramah lingkungan. Kategori Energy Saving Robot menantang para peserta untuk tidak menggunakan baterai sebagai tenaga penggeraknya,melainkan lampu sebagai tenaga pengganti sinar matahari.
Merupakan kategori tersulit sehingga tidak semua negara ikut dalam lomba kategori ini, dan ini yang membuat kita tambah bangga lagi dengan anak negeri yang sudah bisa memenangkan lomba robot internasional ini.

Energy Saving Robot dan Indonesiana merupakan kategori baru pada Olimpiade Robot Internasional 2011 kemarin. Yang dimana kategori tersebut menantang para peserta untuk tidak menggunakan tenaga baterai, melainkan tenaga sinar matahari dan lampu sebagai tenaga alternatifnya.
Salah satu pembimbing tim robotik SMP Negeri 7 Bandung, Rahmat Nurcayadin mengungkapkan, secara teknis, robot buatan anak didiknya tergolong sangat efisien.
foto: R Teja Wulan

Salah satu siswa tim perakit robot SMP Negeri 7 Bandung, Azman Syah Barran mengatakan kalau timnya hanya membutuhkan waktu tiga jam untuk merakit robot becak mini tersebut. Namun pada proses pembelajarannya timnya membutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk belajar merakit robot. 
Para siswa ini mengambil konsep becak mini denga  terbalut kain batik sebagai modelnya,dikarenakan becak merupakan ciri khas indoneisa. Dan diharapkan keberadaan becak tidak akan tersingkirkan oleh kendaraan-kendaraan modern lainnya, itu yang menjadi salah satu tujuan dari model robot becak mini tersebut.

Robot becak mini buatan anak negeri ini termasuk sangat efisien,dan bisa mencapai kecepatan 1meter perdetik jika berada di bawah sinar matahari. Dan itu merupakan kecepatan tertinggi (jika dilihat secara tekhnis). Seperti yang di beritakan VOA pada Sabtu, 21 Januari 2012 Kemarin.

Olimpiade Robot Internasional diselenggarakan oleh International Robot Commitee. Ajang tersebut pertama kali berlangsung di Korea Selatan pada 1999. Tuan rumah acara tahunan itu bergantian di sejumlah kota di Korea Selatan, Tiongkok, Hong Kong, Australia, dan Malaysia. Tahun 2011 kemarin, Indonesia menjadi tuan rumah acara tersebut, di kota Jakarta. Olimpiade Robot Internasional melombakan 14 kategori. Jumlah peserta lomba itu mencapai seribu orang, dari 13 negara, seperti Malaysia, Korea Selatan, Tiongkok, Australia, dan Amerika Serikat.

Dengan ini diharapkan kemampuan anak negeri akan semakin berkembang dan semakin canggih lagi dalam bidang tekhnologi terutama dalam menciptakan robot-robot termodern.
Semangat para siswa smp ini patut menjadi panutan agar negara kita tidak lagi tertinggal jauh dengan negara-negara maju lainnya.

Sumber
Description: Robot Becak Menangi Kompetisi Internasional Rating: 4.5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Robot Becak Menangi Kompetisi Internasional
Share :