Cara Cepat Hamil

Wednesday, November 16, 2011

Disabilitas dan Pandangan Masyarakat

Penyandang disabilitas yang dalam percakapan sehari-hari disebut sebagai orang cacat, sering dianggap sebagai warga masyarakat yang tidak produktif, tidak mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sehingga hak-haknya pun diabaikan.
Indonesia
merupakan Negara yang memiliki berbagai resiko untuk kecacatan. Konflik bersenjata berkepanjangan di Aceh dan Papua, konflik horizontal di kepulauan Maluku dan di berbagai daerah di seluruh Indonesia karena perebutan lahan, pekerjaan, atau pelanggaran adat tertentu, berbagai bencana alam yang datang bertubi-tubi di berbagai daerah sepanjang tahun, masih adanya insiden penyakit polio dan lepra, kekurangan vitamin A, tingginya insiden stroke, serta buruknya keselamatan pasien (patient safety) dalam praktek kedokteran.  Polio dan Lumpuh Layu yang telah ada vaksinnya masih mempunyai prevalensi sekitar 4/100.000 penduduk.
Penyakit Lepra, misalnya masih mempunyai prevalensi 0.76/10.000 penduduk pada tahun 2008. Hipertensi yang dapat mengabikatkan stroke menjangkiti 31.7% dari penduduk berusia 18 tahun ke atas (Depkes RI, 2008). Sedangkan stroke sendiri  prevalensinya diperkirakan 8.3/1000 penduduk (Riskesdas 2007).


 Situasi ini diperburuk oleh rendahnya keselamatan lalulintas dan keselamatan kerja.
Indonesia memang telah mempunyai UU RI No. 4 tahun 1977 tentang Penyandang Cacat. Selain implementasinya yang lemah, UU ini dipandang kurang memberdayakan subyek hukumnya. Istilah “penyandang cacat” yang digunakan dianggap menstigmatisasi karena kata “penyandang” menggambarkan seseorang yang memakai “label atau tanda-tanda negatif” kecacatan itu pada keseluruhan pribadinya 


Disabilitas Dan Pandangan Masyarakat


Mayoritas masyarakat kita memandang rendah dan sepele terhadap hak dan kemampuan para penyandang disabilitas.
keterbatasan yang mereka miliki membuat para penyandang disabilitas tidak bisa berbuat banyak,dan itu yagn menyebabkan mereka semakin di kucilkan oleh masyarakat.
Tapi apakah kita pernah melihat lebih kedalam tentang kelebihan2 yang sangat luar biasa yang mereka miliki???
sebagai satu contoh yang saya ambil...Ramon purba!!!
Ramon purba merupakan vokalis buta yang mampu menmbus kancah musik indonesia pada tahun 2005.
beliau sempat duet bersama Erry Erlangga yang kebetulan sama2 penyandang tuna netra.

Ramon Purba bersama Erry Erlangga
dari inspirasi di atas,apakah anda masih berfikir kalau disabilitas adalah keterbatasan dalam segala hal???
"dalam setiap kekurangan tersimpan kelebihan yang luar biasa"



Oleh karena itu Peranan kartunet.com sebagai media sosialisasi isu-isu disabilias sangat diperlukan dalam membentuk masyarakat yang inklusif.

wadah dan organisasi peduli penyandang disabilitas sangat diharapkan untuk menyadarkan masyarakat,betapa para disabilitasjuga manusia ciptaan tuhan,hanya nasib mereka kurang beruntung dari kita.

Saya harap kartunet.com bisa lebih meningkatkan program2nya untuk membentuk masyarakat yang inklusif!
Mari kita rangkul para penyandang disabilitas,agar mereka tak lagi merasa terkucilkan.
Sayangi sesama,karena bagaimanapun mereka juga manusia yang sama seperti kita dan memiliki hak yang sama pula dengan kia.

 

Semoga apa yang sudah saya sampaikan disini bisa menjadi renungan saudara2 semua,agar tak lagi mengucilkan dan meremehkan saudara2 kita yang kurang beruntung(para penyandang disabilitas)




Kontes Blogging Kartunet 2011 Description: Disabilitas dan Pandangan Masyarakat Rating: 4.5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Disabilitas dan Pandangan Masyarakat
Share :